Kamis, 16 Oktober 2014

Timbulnya Ilmu Kalam




            Pada masa pemerintahan Abassiyah, dimana banyak orang membicarakan tentang akidah yang bermacam-macam, yang tidak tedapat pada masa Nabi ataupun pada masa permulaan sahabat Nabi, sehingga hal itu mnimbulkan banyak permasalahan dan pembahasan yang pada akhirnya melahirkan ilmu baru yang dinamakan ilmu kalam. Ilmu kalam dikenal sebagai ilmu keislaman yang berdiri sendiri, yakni pada masa Khalifah Al-Ma’mun (813-833 M) dari Bani Abassiyah. Adapun ilmu ini dinamakan ilmu kalam disebabkan antara lain :
1.      Persoalan yang terpenting yang menjadi pembicaraan pada abad-abad permulaan Hijriah ialah apakah kalam Allah (Al-Qur’an) itu qadim atau hadis. Karena itu, keseluruhan ilmu kalam ini dinamai dengan salah satu bagian yang terpenting. 
2.   Dasar ilmu kalam ialah dalil-dalil pikiran dan pengaruh dalil pikiran yang tampak jelas dalam pembicaraan para Mutakalimin. Mereka jarang mempergunakan dalil naqli (Al-Qur’an dan Hadis), kecuali sesudah menetapkan benarnya pokok persoalan terlebih dahulu berdasarkan dalil-dalil pikiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar